أهلا وسهلا

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 16 Juni 2011

topologi jaringan

jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas computer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing

Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station.

Terdapat 6 jenis topologi yaitu :

  1. Bus
  2. Ring
  3. Star
  4. Extended Star
  5. hierarchical topology
  6. Mesh

Setiap topologi memuliki karakteristik yang berdeda-beda dan masing-masing juga memiliki keuntungan dan kerugian. Topologi tidak tergantung kepada medianya dan setiap topologi biasanya menggunakan media sebagai berikut :

Jenis-jenis Media yaitu :

  1. Twisted Pair
  2. Coaxial Cable
  3. Optical Cable
  4. Wireless

Topologi dibagi menjadi dua jenis yaitu Physical Topology dan Logical Topologi. Dibawah ini adalah jenis-jenis Physical Topologi.

Jenis-jenis Physical Topology :

Topologi Bus

Topologi ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • merupakan satu kabel yang kedua ujung nya ditutup, dimana sepanjang kabel terdapat node-node
  • umum digunakan karena sederhana dalam instalasi
  • signal melewati kabel dalam dua arah dan mungkin terjadi collision
  • problem terbesar pada saat kabel putus. Jika salah satu segmen kabel putus, maka seluruh jaringan akan terhenti.

Topologi Ring

Topologi ini mempuyai karakteristik sebagai berikut:

  • lingkaran tertutup yang berisi node-node
  • sederhana dalam layout
  • signal mengalir dalam satu arah, sehingga dapat menghindarkan terjadinya collision (dua paket data bercampur), sehingga memungkinkan pergerakan data yang cepat dan collision detection yang lebih sederhana
  • problem: sama dengan topologi bus
  • biasanya topologi ring tidak dibuat secara fisik melainkan direalisasikan dengan sebuah consentrator dan kelihatan seperti topologi star

Topolog Star

Topologi ini mempunyai karakteristik sebagai berikut:

  • setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan kembali lagi.
  • mudah dikembangkan, karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node
  • keunggulannya adalah jika satu kabel node terputus yang lainnya tidak terganggu
  • dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node, biasanya digunakan kabel UTP

Topologi Extended Star

Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star dimana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star yaitu :

  • setiap node berkomunikasi langsung dengan sub node, sedangkan sub node berkomunikasi dengan central node. traffic data mengalir dari node ke sub node lalu diteruskan ke central node dan kembali lagi.
  • Digunakan pada jaringan yang besar dan membutuhkan penghubung yang banyak atau melebihi dari kapasitas maksimal penghubung.
  • keunggulan : jika satu kabel sub node terputus maka sub node yang lainnya tidak terganggu, tetapi apabila central node terputus maka semua node disetiap sub node akan terputus
  • tidak dapat digunakan kabel yang “lower grade” karena hanya menghandel satu traffic node, karena untuk berkomunikasi antara satu node ke node lainnya membutuhkan beberapa kali hops.

Topologi hierarchical

Topologi ini biasa disebut sebagai topolodi tree. Dibangun oleh seperti halnya topologi extended star yang dihubungkan melalui sub node dalam satu central node. Topologi ini dapat mensupport baik baseband maupun broadband signaling dan juga mensupport baik contention maupun token bus access.

Topologi Mesh

MESH topologi dibangun dengan memasang link diantara atation-station. Sebuah ‘fully-connected mesh’ adalah sebauh jaringan dimana setiap terminal terhubung secara langsung ke semua terminal-terminal yang lain. Biasanya digunakan pada jaringan komputer kecil. Topologi ini secara teori memungkinkan

akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi untuk di-implementasikan. Mesh topologi memiliki tingkat redundancy yang tinggi. Sehingga jika terdapat satu link yang rusak maka suatu station dapat mencari link yang lainnya.

Jenis-jenis Logical Topology adalah

FDDI

FDDI ( Fiber Distributed-Data Interface ) adalah standar komunikasi data menggunakan fiber optic pada LAN dengan panjang sampai 200 km.

Protokol FDDI berbasis pada protokol Token Ring. FDDI terdiri dari dua Token Ring , yang satu ring -nya berfungsi sebagai ring backup jika seandainya ada ring dari dua ring tersebut yang putus atau mengalami kegagalan dalam bekerja. Sebuah ring FDDI memiliki kecepatan 100 Mbps.

Token Ring

Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.

Ada tiga tipe pengembangan dari Token Ring dasar: Token Ring Full Duplex, switched Token Ring, dan 100VG-AnyLAN. Token Ring Full Duplex menggunakan bandwidth dua arah pada jaringan komputer. Switched Token Ring menggunakan switch yang mentransmisikan data di antara segmen LAN (tidak dalam devais LAN tunggal). Sementara, standar 100VG-AnyLAN dapat mendukung baik format Ethernet maupun Token Ring pada kecepatan 100 Mbps.

Ethernet.

Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972 .

Ethernet menggunakan beberapa metode untuk melakukan enkapsulasi paket data menjadi Ethernet frame, yakni sebagai berikut:

    • Ethernet II (yang digunakan untuk TCP/IP)
    • Ethernet 802.3 (atau dikenal sebagai Raw 802.3 dalam sistem jaringan Novell, dan digunakan untuk berkomunikasi dengan Novell NetWare versi 3.11 atau yang sebelumnya)
    • Ethernet 802.2 (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 without Subnetwork Access Protocol, dan digunakan untuk konektivitas dengan Novell NetWare 3.12 dan selanjutnya)
    • Ethernet SNAP (juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 with SNAP, dan dibuat sebagai kompatibilitas dengan sistem Macintosh yang menjalankan TCP/IP)

Sayangnya, setiap format frame Ethernet di atas tidak saling cocok/kompatibel satu dengan lainnya, sehingga menyulitkan instalasi jaringan yang bersifat heterogen. Untuk mengatasinya, lakukan konfigurasi terhadap protokol yang digunakan via sistem operasi.

pengertian dan manfaat jaringan

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :

1. Sharing resources

Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.

2. Media Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.

3. Integrasi Data

Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

4. Pengembangan dan Pemeliharaan

Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.

5. Keamanan Data

Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini

Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.

pencipta yahoo

PENCIPTA YAHOO

Siapapun yang menggunakan internet pasti mengenal situs Yahoo. Bahkan ke­banyakan pengguna internet memiliki e-mail yang menggunakan Yahoo (abcd@ya­hoo.com). Ada anekdot yang mengatakan, bukan pengguna internet kalau belum memi­liki e-mail di Yahoo.

Tidak bisa dimungkiri, Yahoo banyak mem­bantu para pengguna internet mulai dari men­cari alamat situs, mencari bahan-bahan kuli­ah atau paper, mencari koleksi gambar-gam­bar anime, bahkan sampai melakukan transak­si bisnis.

Orang lebih mengenal Yahoo sebagai mesin pencari (search engine) dan penyedia jasa e­mail. Search engine merupakan peranti lunak (software) yang membantu pengguna internet untuk mencari alamat suatu situs, cukup de­ngan mengetikkan kata kunci.

Siapa sangka situs Yahoo telah membuat penciptanya menjadi seorang jutawan. Namun banyak penggunanya yang tidak mengenal sia­pa penciptanya, bahkan banyak yang tidak tahu arti kata Yahoo.

YAHOO bermula dan sebuah hobi Jerry Yang dan David Filo yang kini berkembang menjadi kecenderung­an global dan mengu­bah bagaimana orang berkomunikasi, men-cari dan mengakses in­formasi, termasuk melakukan pembelian barang di internet.

David Filo dan Jerry Yang mulai membuat panduan navigasi di in­ternet (kelak di namai Yahoo) semenjak Feb­ruari 1994. Pada mu­lanya hanya di gunakan untuk menyimpan ala­mat-alamat situs favorit mereka.

Jerry Yang sebagai salah satu pendiri dan pemimpin dan Yahoo di lahirkan pada tahun 1968 di Taipei, Taiwan, dengan nama Yang Chih-Yuan. Saat usianya menginjak 10 tahun, Yang Chih-Yuan dan keluarganya pindah ke Amerika. Ia lantas mengubah namanya men­jadi Jerry Yang.

Sejak saat itu, Yang di besarkan di San Jose, California. Di sekolah San Jose, Yang men­dapat predikat murid yang malas dengan ting­kat konsentrasi yang rendah. Bahkan ia hanya memiliki satu kosa kata bahasa Inggris, shoe (sepatu). Namun dia dapat meraih sukses di bidang akademis.

Pada tahun 1990, Yang di terima sebagai ma­hasiswa sarjana jurusan Teknik Elektro di Uni­versitas Stanford serta berhasil mendapatkan gelar sarjana dan master dalam waktu 4 tahun. Kemudian dia melanjutkan pendidikan dok­tornya, hingga dia bertemu dengan David Fi­lo yang mendapat gelar Bachelor of Science dari jurusan Teknik Komputer Universitas Tu­lane dan gelar master di bidang Teknik Elek­tro dan Stanford.

Mereka berdua ternyata memiliki hobi yang sama, berselancar (surfing) “mengarungi” in­ternet selama berjam-jam bingga aktivitas be­lajar mereka terbengkalai.

Keduanya membuat panduan pada sebuah trailer kampus agar mereka tetap dapat melan­jutkan kesenangan mereka terhadap internet di bulan Februari 1994. Dalam waktu singkat, mereka lebih banyak menghabiskan waktu un­tuk membuat link-link favorit di bandingkan membuat disertasi program doktor mereka.

Akhirnya, daftar alamat situs yang mereka buat telah menjadi terlalu panjang dan terlalu banyak, sehingga mereka membaginya men­jadi kategori-kategori. Belakangan, penga­tegorian pun tidak lagi memadai, maka di bu­at juga sub-sub kategori. Lahirlah konsep aw­al dari Yahoo.

Untuk membantu mengkategorikan link-link favorit mereka, di buatlah sebuah situs yang mereka namai Jerry’s Guide to the World Wide Web. Tapi kemudian setetah mencari na­ma yang di anggap bagus di dalam direktori yang mereka buat, mereka memutuskan un­tuk menggunakan nama Yahoo. Kata tersebut merupakan singkatan dan Yet Another Hier­archical Officious Oracle.

Tujuan awal dari pembuatan situs itu adalah sebagai alat untuk mencari sesuatu di internet, seperti halnya mesin pencari semacam Al­tavista dan Google. Filo dan Yang menyukai nama Yahoo karena memiliki karakter seder­hana, bersahaja dan tidak komvensional.

Pada awalnya, Yahoo di tempatkan di work­station mahasiswa milik Yang, bernama Ake­bono dan software-nya pada komputer milik Filo, bernama Konishiki. Keduanya merupakan nama dari pegulat sumo legendaris.

Kalangan yang mengakses direktori Yahoo hanya Yang, Filo, dan beberapa teman dekat mereka di Universitas Stanford. Namun, dari obrolan mulut ke mulut, jumlah orang yang mengakses ke Yahoo menjadi semakin banyak.

Mengetahui orang yang mengakses ke Ya­hoo menjadi sangat banyak, mereka akhirnya menjadikan Yahoo sebagai bisnis.

Sebagai bukti kesuksesan mereka, pada akhir 1994, Yahoo mencapai jumlah 1 juta pen­gunjung semenjakpertama kali di luncurkan. Berdasarkan besarnya pengunjung dan antu­siasme pengguna internet terhadapnya, mere­ka melihat ada potensi bisnis di dalamnya.

Mereka memutuskan untuk mendirikan Yahoo Inc. Pada bulan Maret 1995. Akhirnya perusahaan Yahoo Inc mendapat dana investasi sebesar 2 juta dolar AS dari Sequoia Capital, sebuah firma yang sukses berinvestasi di Ap­ple computer, Atari, Oracle dan Cisco System, pada April 1995.

Untuk menjalankan perusahaan tersebut, mereka mempekerjakan Tim Koogle, veteran Motorola dan alumnus Universitas Stanford sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Jeffrey Mallet, pendiri divisi konsumen di Nov­elI’s WordPerfect sebagai Chief Operating Of­ficer (COO).

Yahoo Inc. telah memiliki 49 karyawan dan telah meluncurkan highly-succesful pe­nawaran sabam perdana (IPO) pada April 1996. Saat ini, Yahoo Inc. memimpin industri komunikasi global di internet, komersial dan jasa pelayanan jaringan yang luas dengan lebih dari 232 juta pengunjung individual tiap bu­lannya.

Sebagai navigasi online pertama di dunia, www.yahoo.com menjadi pemain utama dalam bisnis navigasi atau search engine, periklanan, pelelangan dan bisnis jual beli di internet. Selain itu, Yahoo juga banyak memiliki layanan seperti e-mail gratis, yahoo messenger, yahoo auction dan berita.

Yahoo juga menyediakan bisnis online dan pelayanan perusahaan (enterprise services) yang di rancang untuk meningkatkan produk­tivitas para kliennya. Pelayanan ini menyang­kut Corporate Yahoo, streaming audio video, store hosting dan manajemen, serta web site tools. Saat ini, kantor pusat Yahoo Inc. terletak di Sunnyvale, Kalifornia, AS dan memiliki kantor cabang di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia dan Kanada.